Latest News


masquerade

Jika Router MikroTik merupakan router yang berada di antara jaringan publik (Internet) dan jaringan lokal (LAN) Maka Router pada posisi tersebut harus menjalankan Network Address Translation (NAT) yang berfungsi mengganti IP Address pada setiap paket data yang keluar dari komputer user (IP Address Private) menjadi IP Address publik yang ada di ether1.

Di dalam menerapkan NAT, dikenal teknik masquerade yang merupakan tekhnik penggantian otomatis IP Address private menjadi IP Address publik yang ada di Router MikroTik. Mari kila lihat kembali konfigurasi NAT yang akan menjalankan masquerade pada Router MikroTik Anda. Perintah yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut : 

[admin@MikroTik]> ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade
[admin@MikroTik]> ip firewall nat print


Yang perlu Anda perhatikan pada perintah di atas adalah opsi out-interface=ether1,  ini karena interface yang digunakan untuk menuju Internet adalah ether1. Begitu juga dengan opsi action=masquerade yang akan membuat IP Address pengirim (10.10.10.2, 10.10.10.3 dst) yang ada pada setiap paket data yang keluar dari Router MikroTik akan menggunakan IP Address publik
60.1.1.1.

Bila ingin menggunakan WinBox untuk mengkonfigurasikan NAT, maka Anda dapat melakukannya melalui menu IP -> Firewall -> tab NAT, dengan masquerade dapat Anda konfigurasikan pada tab Action.

Setelah Anda mengkonfigurasikan NAT dengan masquerade maka seharusnya komputer user Anda sudah dapat mengakses Internet. Anda dapat menguji dengan melakukan ping ke situs Internet, misalnya www.google.com ataupun langsung mengujinya dengan menggunakan browser Anda.
Jangan lupa untuk mengkonfigurasikan IP Address beserta default gateway ke 10.10.10.1 pada setiap komputer user, begitu juga dengan DNS Server yang harus dikonfigurasikan ke 10.10.10.1, seperti gambar berikut :


Sampai pada tahapan ini, saya dapat mengucapkan “Selamat !!! Anda sudah dapat membangun jaringan warnet" ya Memang benar jaringan Anda sudah terhubung ke Internet dengan tekhnik masquerade ini.

0 Response to "masquerade"