Latest News


Mempersiapkan Router MikroTik

Pada saat Anda membeli RouterBoard maka router tersebut sebenarnya sudah memiliki sistem operasi MikroTik RouteroS dengan konfigurasi default.Konfigurasi default ini relatif sudah lengkap sehingga RouterBoard dapat langsung Anda implementasikan ke dalarn jaringan. Konfigurasi tersebut sudah memungkinkan beberapa komputer user mengakses Internet melalui RouterBoard. Konfigurasi default ini telah memasangkan IP Address 192.168.88.1/24 pada interface ether2. Sedangkan username yang bisa Anda gunakan untuk masuk (log in) kedalam Router MikroTik adalah “admin”, username ini dapat digunakan tanpa menggunakan password.Jika RouterBoard Anda bukan merupakan router yang baru atau router yang pernah digunakan orang lain, maka sebaiknya Anda melakukan prosedur reset.Prosedur reset ini akan mengembalikan konfigurasi router Anda menjadi konfigurasi default.Saya menyarankan Anda untuk melakukan prosuder reset terlebih dahulu jika ternyata router Anda sudah pernah dikonfigurasikan sebelumnya. Prosedur Reset Pada RouterBoard RB711U-2HnD yang memiliki sebuah tombol reset.Tombol reset tersebut berada di sekitar port ethernet dan merupakan tombol kecil yang tersembunyi.Anda mernbutuhkan pengungkit kecil atau pun pulpen untuk menekan tombol tersebut.Adapun prosedur melakukan reset dengan menggunakan tombol tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan semua kabel UTP tidak ada terhubung ke port ethernet (port jaringan) dari Router MikroTik.

2. Pastikan juga kabel Adaptor (power) tidak tercolok ke Router MikroTik, sehingga Router MikroTik dalam kondisi off.

3. Setelah semua kabel UTP dan Adaptor tidak terhubung, ambillah pengungkit kecil untuk menekan tombol reset.

4. Sambil menekan tombol reset tersebut, colokkan kembali kabel power dari Adaptor, sehingga Router MikroTik mendapatkan catuan listrik, ini dilakukan dengan tetap menekan tombol reset. Jika tombol reset terlepas, maka prosedur reset harus Anda ulangi dari awal.

5. Sambil menekan tombol reset tersebut, Anda akan melihat lampu (LED) ACT akan berkedip-kedip, tetap pertahankan menekan tombol tersebut sampai LED ACT tersebut padam.

6. Setelah LED ACT padam, Anda harus tetap menekan tombol reset tersebut sampai semua LED indikator dari port ethernet menyala sebentar kemudian padam.Untuk menunggu semua LED indikator dari port ethernet menyala, Anda membutuhkan waktu kira-kira 20 sampai 40 detik.

7. Setelah semua LED indikator pada port ethernet menyala kernudian padam, lepaskanlah kabel power Adaptor sehingga Router MikroTik off kembali.

8. Colokkan kembali kabel power Adaptor untuk menghidupkan Router MikroTik.

9. Router MikroTik Anda sudah dapat digunakan kembali dengan konfigurasi default. Beberapa seri RouterBoard tidak memiliki tombol reset yang dapat Anda jangkau dari luar. Anda harus membuka casing dari Router MikroTik tersebut untuk mencari tombol reset yang ada di motherboard dari Router MikroTik tersebut.

Login ke Router MikroTik Setelah Anda mengembalikan konfigurasi Router MikroTik menjadi konfigurasi default, maka IP Address di ether2 adalah 192.168.88.1/24.Sehingga Ada beberapa cara untuk login ke Router MikroTik.Anda dapat menggunakan akses Web based, SSH, Telnet rnaupun dengan rnenggunakan aplikasi WinBox.Untuk login ke Router MikroTik dengan rnenggunakan interface web (web based), Anda tinggal menggunakan browser dengan rnengetikkan URL http://192.168.88.1.Sedangkan jika Anda ingin menggunakan SSH maupun Telnet, Anda harus memiliki aplikasi SSH Client maupun Telnet Client. untuk sistem Linux, aplikasi SSH Client/Telnet Client sudah terinstall secara default.Namun untuk sistem Windows, Anda harus rnenggunakan aplikasi tambahan seperti putty. Putty dapat Anda download di web site berikut http:// www.chiark.greenencl.org.uk/-sgtatham/putty/download.html.

Selain rnenggunakan IP Address untuk login, aplikasi WinBox memiliki kelebihan yang memungkinkan Anda login ke Router MikroTik hanya dengan menggunakan MAC Address, seperti gambar berikut :


Saya menyarankan Anda untuk login ke Router MikroTik dengan menggunakan MAC Address, ini memungkinkan Anda tidak akan logout dari Router MikroTik manakala Anda menghapus IP Address di ether2.Gunakan Login: admin dengan kolom Password dikosongkan.Setelah Anda login ke Router MikroTik dengan menggunakan aplikasi WinBox, maka Anda akan mendapati kotak dialog yang menanyakan apakah Anda akan menggunakan konfigurasi default dari RouterBoard ataukah Anda ingin melakukan konfigurasi sendiri. jika anda ingin mengkonfigurasi sendiri, pilih tombol Remove Configuration.


Selanjutnya, Anda akan rnelihat menu-menu konfigurasi di sebelah kiri. Menu- menu ini memungkinkan Anda mengkonfigurasikan router secara graphical.


0 Response to "Mempersiapkan Router MikroTik"