Latest News


setting waktu otomatis pada router mikrotik

NTP (Network Time Protocol) Client

Dalam kondisi tertentu Router MikroTik harus bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari maupun jam. Misalnya jika Anda ingin memblokir akses Internet di luar jam kerja ataupun memblokir beberapa situs pada jam-jam tertentu.Untuk Router MikroTik yang diinstall di personal kornputer (PC) ini tidak menjadi masalah, karena di motherboard komputer terdapat baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu. Narnun untuk Router MikroTik yang tidak memiliki baterai maka konfigurasi waktu akan kacau setiap kali router mengalami restart. Pada umumnya RouterBoard tidak memiliki baterai dan akan memulai perhitungan jamnya pada pukul 00:00:00 setiap sekali restart.

untuk menghindari ketidakakuratan konfigurasi waktu, maka pada Router MikroTik perlu dikonfigurasikan Network Time Protocol (NTP). NTP adalah protkol yang digunakan untuk sinkronisasi waktu (hari, tanggal, bulan, tahun dan jam) antara perangkat-perangkat jaringan.
Router MikroTik perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet dan akan berusaha menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang ada di NTP Server tersebut.Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router MikroTik, Anda dapat menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.114.224.252. IP Address dari NTP Server Indonesia selengkapnya dapat Anda lihat pada http://www.pool.ntp.org/zone/id.

Untuk menggunakan waktu yang ada pada NTP Server, maka Router MikroTik Anda harus dikonfigurasikan menjadi NTP Client. Anda dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

[admin@gateway] > system ntp client set primary-ntp=203.114.224.252  / 
enabled=yes mode=unicast

Selanjutnya Anda harus mengkonfigurasikan Time Zone sesuai tempat Anda berada. Misalnya Asia/Iakarta untuk WIB, Asia/Makassar untuk WITA dan Asia/Jayapura untuk WIT. Perintah yang dapat Anda gunakan adalah sebagai Berikut :

[admin@gateway] > system clock set time-zone-name=Asia/Jakarta

Selanjutnya, Anda dapat merneriksa hasil konfigurasi NTP Client tadi, apakah telah sinkron dengan waktu yang sebenarnya. Perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :

[admin@gateway] > system clock print
time: 00:02:23
date: jun/16/2012
time-zone-name: Asia/Jakarta
gmt-0ffset: +08:00


Bila menggunakan WinBox, maka NTP Client dapat dikonfigurasikan melalui menu System -> SNTP Client, seperti pada gambar berikut :


Konfigurasi NTP client pada winbox

Konfigurasi Time Zone dan sistem waktu mikrotik

Sedangkan untuk melihat pada winbox apakah Router MikroTik telah sinkron dengan NTP Server dapat dilihat melalui menu System -> Clock. 

0 Response to "setting waktu otomatis pada router mikrotik"