Latest News


Mikrotik Router

Mikrotik, mungkin anda pernah mendengarnya, mikrotik dikenal luas sebagai software router.Router itu sendiri adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan (network).Dalam jaringan yang lebih kompleks, Router digunakan untuk memilihkan jalan bagi paket data untuk mencapai komputer tujuan.

Router merupakan perangkat jaringan yang paling cerdas, router bisa memahami betul bagaimana
mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan lain.Mikrotik merupakan router yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah di konfigurasi.

Router mikrotik difungsikan untuk membagi-bagi koneksi internet ke beberapa komputer pengguna.Komputer-komputer tersebut dapat berupa PC Desktop yang menggunakan kabel jaringan (UTP) maupun perangkat lain yang menggunakan koneksi jaringan nirkabel (wireless).Router mikrotik mempunyai banyak fitur sehingga membuatnya memiliki peran yang lebih banyak dalam jaringan komputer.

Beberapa implementasi Router Mikrotik yang paling sering di terapkan.

Mikrotik Sebagai Internet Gateway bagi LAN

Inilah peran yang paling banyak diimplementasi pada Router Mikrotik. 
bisa dilihat pada gambar di bawah ini, dimana mikrotik ditempatkan di antara jaringan lokal (LAN) perangkat komputer dan jaringan internet.Mikrotik berfungsi sebagai penghubung antara keduanya, juga sebagai pengatur lalu lintas internet, baik yang masuk maupun yang keluar dari jaringan lokal tersebut.


Beberapa contoh peran Router mikrotik saat menjadi gateway bagi jaringan lokal (LAN) yaitu bisa menjadi firewall atau menyaring apa saja yang boleh atau tidak boleh di akses di internet, memblokir website tertentu yang diinginkan, membagi pemakaian bandwidth internet pada komputer user.


   
Mikrotik Sebagai Access Point (Indoor/Outdoor)

Pada beberapa perangkat Router Mikrotik ada yang dilengkapi dengan interface wireless, sehingga dapat berfungsi sebagai Access Point pada jaringan wireless (Wi-Fi).Kita dapat memanfaatkannya sebagai HotSpot berskala kecil, seperti Hotspot warnet, sekolah atau kantor maupun HotSpot berskala besar seperti RT/RW Net dan Wireless ISP (WISP).  












Sebagai intermediary device (routing)

Menghubungkan beberapa network dan berusaha menentukan jalur terbaik untuk menuju komputer tujuan merupakan fungsi utama dari sebuah Router.
Seperti terlihat pada gambar di bawah ini ada beberapa network yang terpisah pada beberapa kantor cabang, dan Router mikrotik digunakan untuk menghubungkan network-network tersebut. 



 
















Mikrotik akan memilihkan jalur terbaik untuk menuju internet yang ada di kantor utama, misalnya jika anda berapa pada kantor cabang B, maka untuk menuju internet yang ada di kantor utama Router Mikrotik akan memilih jalur melalui kantor cabang A, ini karena jalur melalui kantor A jauh lebih pendek daripada melalui kantor C.

Router Mikrotik juga dapat memiliki fungsi lain dalam jaringan komputer, misalnya bisa menjadi VPN server, Authentication Server, Bridge dan lain-lain.

0 Response to "Mikrotik Router"